Menelisik Pohon Tabebuya dan Manfaatnya

Hai sobat,,, kali ini kita akan membahas seputar pohon tabebuya serta manfaatnya. Ok... langsung saja ya sobat. Tabebuya ( Handroanthus chrysotrichus ) merupakan tanaman yang berasal dari negara Brazil. Tabebuya dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis, dan cenderung tahan dengan iklim kering, asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini termasuk tanaman dengan pohon yang besar sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman peneduh. Bunga tabebuya bentuknya mirip dengan bunga sakura di  Jepang, sehingga banyak orang yang menganggap bunga tabebuya ini sebagai bunga sakura. Tanaman ini memiliki daun yang tidak mudah rontok, di saat bunganya mekar, tanaman tampak seperti tak memiliki daun karena lebatnya bunga.


tabebuya
Tanaman Tabebuya

Tabebuya ini memiliki berbagai macam warna bunga, dari warna pink, kuning, ungu, putih, hingga merah tua.
Di Indonesia sendiri, sekarang ini lagi banyak diperbincangkan masyarakat mengenai pohon tabebuya. Di kota Pahlawan Surabaya, tabebuya ditanam di sepanjang jalan untuk dijadikan sebagai peneduh jalan. Tabebuya dapat kita jumpai di jalan - jalan protokol maupun di taman kota, misalnya taman Ngagel Surabaya. Bunga ini mekar antara bulan Oktober hingga bulan November di saat menjelang musim penghujan tiba. Meskipun termasuk pohon besar, kalian bisa lho sobat menanam tanaman ini di rumah, karena meskipun pohonnya besar, akarnya tidak akan merusak pondasi maupun pagar rumah kalian.
Selain sebagai tanaman hias, tabebuya memiliki berbagai macam manfaat lho sobat...di antaranya adalah:

1. Sebagai obat
Kaum Amazon pernah menggunakan bunga tabebuya sebagai obat sifilis, demam, malaria, infeksi kulit, serta gangguan perut. Bahkan, mulai tahun 1960, bunga tabebuya ini diklaim dapat mengobati penyakit kanker.

2. Sebagai pembersih udara
Tanaman tabebuya ini dapat menyerap karbondioksida serta polusi udara sehingga udara di sekitar kita bisa bersih kembali.

3. Dapat dijadikan pupuk
Bunga tabebuya yang telah gugur, dapat kita kumpulkan, setelah itu kita diamkan selama beberapa hari hingga terjadi pembusukan. Setelah membusuk, barulah dapat kita gunakan untuk memupuk.

4. Sebagai pohon pelindung
Karena termasuk tanaman yang memiliki batang besar, pohon tabebuya dapat dijadikan sebagai pohon pelindung di sekitar tanaman tersebut. Gunanya untuk melindungi dari sengatan sinar matahari di saat matahari sedang terik.

Itulah tadi sedikit mengenai tanaman tabebuya dan manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat sobat semua.

0 Response to "Menelisik Pohon Tabebuya dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel