Fakta Dan Keunikan Burung Cucak Kombo


DhanyInfo™ - Cucak Kombo mulai meramaikan dunia perburungan akhir-akhir ini (Januari 2014). Namanya sedikit demi sedikit mulai dikenal dikalangan hobiis burung. Bukan hanya itu, karena suaranyapun terdengar begitu indah dan juga cocok untuk dijadikan masteran burung-burung lain. Dari fisiknya, burung ini memiliki panjang sekitar 12 hingga 16 cm. Paruhnya panjang serta runcing yang merupakan ciri khas burung penghisap madu serta pemakan serangga.

Habitat

Burung ini sering ditemukan di hutan yang rindang serta tidak terlalu jauh dari sumber air, seperti pada hutan bakau maupun hutan lebat di sekitar pinggiran sungai, perkebunan, serta di hutan tropis.

Perbedaan Jantan dan betina

Untuk membedakan burung jantan dan betinanya agak sulit jika burung masih muda, sebab warna bulunya memiliki banyak kemiripan.  Namun jika sudah dewasa akan nampak perbedaanya secara nyata.  Pada betinanya, bagain bawah perutnya serta pada paruhnya memiliki garis yang berwarna kuning.  Sedangkan punggungnya juga cenderung berwarna kuning. Warna tubuhnya agak kusam.

Makanan

Makanan utama dari Cucak kombo adalah sari bunga serta serangga kecil, seperti lalat, semut, tawon, kumbang, serta ulat.

Perawatan

Jika anda berencana untuk memelihara burung ini, anda wajib menyiapkan sari bunga atau nectar seperti di alam bebas. Anda bisa membeli nectar instan atau membuat sendiri dari campuran gula dengan air dengan takaran 4:1, seperti untuk burung pleci. Gunakan gula putih, jangan gula merah atau madu atau bahkan gula yang memakai pemanis buatan, karena dapat membuat burung menjadi sakit. Selain itu anda juga perlu memberinya pakan ekstra dengan kroto maupun ulat hongkong. Anda juga bisa memberinya pakan berupa voer jika memang mau memakannya. Ada baiknya di latih dengan cara memberikan voer sedikit demi sedikit. Ulat hongkong serta kroto harus ada untuk menjaga staminanya.

Nb : Burung Cucak kombo atau kecial kombo ini termasuk spesies yang dilindungi melalui PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, disertai dengan lampiran tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, lengkap dengan nama spesies dan nama lokal (Indonesia).

0 Response to "Fakta Dan Keunikan Burung Cucak Kombo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel