6 Jenis Buah Yang Disebut Dalam Al-Quran

Buahpedia.com - Assalamualaikum...apa kabar sis? ketemu lagi di situs buah kesayangan kita semua Buah Pedia. Hayo sudah makan buah belum hari ini? Kalau belum akan Bu Susi tenggelamkan, hehehe.

Kali ini kami akan membahas tentang buah buahan yang telah di sebutkan oleh Allah SWT di dalam Ayat Suci Al-Qur'an.
Telah kita tau ya sis ada beragam jenis buah yang ada di dunia ini, ada yang boleh dimakan ada juga yang memang berbahaya untuk dikonsumsi.

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran
6 Jenis Buah Yang Disebut Dalam Al-Quran

Tapi tahukah kamu sis, ada 6 jenis buah yang tertulis di dalam Al-Qur'an. Apa saja itu? Mari simak artikel berikut ini.

Berikut adalah 6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran :

1. Buah Kurma

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran

Kurma dijadikan sebagai tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berfikir seperti yang disampaikan oleh Allah dalam Al-Quran surat Ar-Ra’d ayat 4:

“Dan di Bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama.
Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)

Selain itu, kurma merupakan buah yang sering Allah SWT menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Al-Qur’an. Bahkan Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasalam (SAW) menjadikan kurma sebagai makanan wajib sehari-hari dalam keluarga.

Kurma juga dapat dikonsumsi tanpa mengenal batas usia. Dari ujung akar sampai daun memiliki manfaat, dapat bertahan dalam suhu tinggi hingga 50º C dan dalam kadar garam yang ekstrim, bisa memiliki jangka waktu kadaluwarsa hingga 1,5 tahun.

2. Buah Zaitun

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran

Zaitun merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Bahkan Allah sering menyebutnya dalam Al-Quran, salah satunya dalam Surat An-Nahl ayat 11:
“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. 

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda [kekuasaan Allah] bagi kaum yang memikirkan. (An-Nahl:11) 
Selain buahnya yang dapat menyehatkan fungsi hati karena klorin yang terkandung di dalamnya, zaitun juga dapat melancarkan saluran pencernaan.

Buah zaitun juga dapat diolah menjadi minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai minyak untuk memasak, kecantikan wajah, menutrisi rambut  dan masih banyak lagi.

3. Buah Anggur

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran

Anggur juga sering disebut dalam Al-Quran. Beberapa ulama berpendapat anggur disebut dalam Al-Quran sebanyak enam kali. Bahkan dalam Al-Quran melambangkan kenikmatan dan kurnia Allah kepada hamba-Nya, sebagaimana firman Allah.

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan,,,” (Al-Baqarah: 266)

Adapun manfaat dalam buah ini yaitu mengandung vitamin yang terdapat di dalam buah ini, antara lain mineral (fosfor), kalsium, vitamin A dan B serta gula (glukosa  dan fruktosa). Hal-hal itu sangat diperlukan oleh limpa dan dikeluarkan ketika diperlukan seperti ketika berpuasa.

4. Buah Tin
6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran
Buah tin atau ara hanya disebut sekali di dalam Al-Quran, yaitu di Surah At-Tin. Buah ini juga masih dikatogorikan langka di Indonesia, meskipun pohonnya tumbuh namun tidak banyak yang menanamnya.
Untuk bisa menikmati buah ini, kita harus pesan lebih dahulu melalui online, selain itu buah ini juga dijual hanya di swalayan atau toko tertentu.

Buah tin disebut dalam Al-Quran surat At-Tin yang berbunyi sebagi berikut;
“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.” (Q.S  At-Tin: 1)

Terkait ini, Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:
“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin.

Karena buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad)”.

5. Buah Delima

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran

Buah delima ditemukan tumbuh menyebar di seluruh dunia, dari China hingga California, Amerika Serikat. Tidak hanya itu, sesungguhnya Al-Quran menyebut buah ini sebagai salah satu buah yang akan ditemukan di surga.

Beberapa ulama mengatakan buah delima disebut sebanyak tiga kali dalam Al-Quran, salah satunya dalam surat Ar-Rahman yang artinya:

“Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima,” (QS. al Rahman ayat 68).

Buah delima berwarna kemerahan, bagian dalamnya terdiri atas banyak daging buah yang berupa kantong-kantong yang membungkus biji. Daging buahnya mempunyai rasa manis keasaman dan menyegarkan.

6. Buah Pisang

6 jenis buah yang disebut dalam Al-Quran

Pisang, buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia ini memang terbilang murah. Namun jangan salah, meski murah dan mudah didapat, pisang kaya manfaat.
Selain buah kurma, anggur, zaitun, delima dan tin, buah pisang juga disebut Allah dalam kitab Al-Quran surat Al-Waqiah ayat 29 diumpamakan sebagai buah surga.

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. (27) Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, (28) dan pohon pisang yang bersusun-susun [buahnya],” (Q.S. Al-Waqiah: 27-29) 
Ayat 29 tersebut menjadi pendapat mayoritas Ulama dari kalangan Shahabat dan Tabi’in adalah bahwa yang dimaksud dengan الطلح adalah pisang.

Dan ini adalah yang disebutkan oleh para ahli Tafsir seperti ath-Thabari, ar-Razi, al-Qurtubi, Ibnu Katsir dan asy-Syaukani rahimahumullah.

Itulah sis 6 jenis buah yang telah disebut di dalam Kitab Suci Al-Quran. Mungkin masih ada lagi ya buah yang tertulis dalam Al-Quran. Pohon bidara misalnya, karna kita tahu sendiri bidara merupakan tanaman yang termasuk tanaman berbuah dan buahnya bisa untuk kita makan. Mungkin lain waktu akan kita bahas.

Oh ya sis..jika artikel kami bermanfaat, bantu kami ya membangun situs buah pedia agar keluarga, saudara, teman dan sahabat semua tahu artikel buah dari kami agar bermanfaat. Dengan cara share artikel kami di sosial media kamu sis, cukup mudah bukan? Terimakasih dan sampai jumpa.

0 Response to "6 Jenis Buah Yang Disebut Dalam Al-Quran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel