Cara Merawat Kelinci Agar Tetap Sehat

DhanyInfo™ - Ketemu lagi sama mas dhany nih...kali ini mau membahas mengenai cara merawat kelinci agar tetap aktif dan sehat, apalagi saat musim hujan kelinci mudah sekali terserang penyakit. Kelinci dulunya merupakan hewan liar yang hidup di daratan afrika dan eropa, namun seiring waktu dan perkembanganya sekarang kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan faforit keluarga. 

Cara Merawat Kelinci

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon sebenarnya adalah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Adapun kelinci lokal yang ada di indonesia adalah kelinci jawa dan kelinci sumatera. Oke langsung saja ya cara merawat hewan lucu yang satu ini, Ini tips dari mas dhany, simak baik-baik.

Apa hal pertama yang harus disiapkan ?

Kalau sudah punya kelinci, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang/rumah buat si kelinci. kenapa hal ini sangat penting? kandang adalah tempat untuk kelinci beristirahat dan berteduh saat siang hari dan tempat menghangatkan diri saar hujan atau cuaca dingin. kandang juga merupakan tempat yang penting agar kelinci bisa berkembang biak dengan baik suatu saat kalau dia dewasa. Usahakan kandang kelinci agak luas dan terdapat banyak ventilasi udaranya agar kelinci selalu menghirup udara segar. Bahan kandang yang paling baik adalah dari kayu dan bambu, namun sekarang di petshop juga menjual kandang besi yang tentunya aman untuk kelinci. Hal yang tidak boleh terlupakan adalah memberi rumput kering atau kain halus sebagai alas kandang kelinci.

Cara Merawat Kelinci

Apa makanan terbaik buat Kelinci ?

Makanan utama kelinci adalah Sayur-sayuran segar, Wortel, kangkung dan rumput. Namun anda bisa memberikanya selingan antara lain konsentrat dan pelet khusus untuk hewan mungil ini. Cuci bersih dulu sayuran sebelum diberikan kepada kelinci, ada baiknya mendiamkan dulu jikalau sayuran yang baru dari kulkas, dikarenakan agar sayuran itu sendiri tidak terlalu dingin saat dimakan kelinci.

Cara Merawat Kelinci

Apa hal penting yang harus dijauhkan dari Kelinci ?

Hal ini sangatlah penting agar kelinci anda tetap aman dan sehat, hal yang harus dijauhkan dari kelinci antara lain hewan lain yang mungkin akan jadi gangguan kelinci, antara lain kucing, anjing, dan tikus. Namun anda juga harus memperhatikan kelinci merupakan hewan yang suka menggigit benda yang ada disekitarnya, jadi jauhkan dari barang-barang yang terbuat dari besi, bahan kimia, elektronik, dan zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan kelinci.

Bagaimana perawatan kelinci sehari-hari ?

Cara dari mas dhany ini mudah kok, hemat waktu dan biaya. perawatan kelinci sehari-hari sangatlah mudah. inti dari perawatan kelinci adalah kebersihan antara lain kebersihan kandang dan kebersihan makanan. bersihkan kandang kelinci 2 atau 3 hari sekali namun jika anda punya waktu membersihkan setiap hari, itu jauh lebih baik. berikan makan kelinci dengan porsi yang secukupnya dan beragam agar gizi untuk kelinci dapat terpenuhi, pemberian multivitamin khusus kelinci juga sangat baik untuk kekebalan tubuh dan kehesatanya. ajaklah kelinci bermain diluar kandang, biarlah dia bermain sesuka hatinya, sangat tidak bijak kalau kelinci hanya di taruh dalam kandang sehari-hari, bagi saya kandang hanya tempat kelinci untuk beristirahat, kalau anda punya halaman atau taman yang banyak rerumputan, kelinci sangat suka dan nyaman bermain ditempat seperti itu. jadi rawatlah kelinci sebaik dan sehalus yang anda bisa. Sebaiknya memelihara kelinci jangan hanya satu saja, sepasang akan lebih baik.

Itulah sedikit cara untuk merawat kelinci dari mas dhany, tidak susah kan?hehe..merawat hewan peliharaan apapun bukan karena caranya ataupun makananya harus yang mahal agar hewan peliharaan kita selalu sehat dan menyenangkan. Namun perawatan yang lembut dan penuh kasih sayanglah yang membuatnya selalu menyenangkan setiap hari-harinya. Jadi apapun caranya kalau kita tetalen dan benar-benar tau apa yang hewan peliharaan kita mau, pasti akan selalu aktif dan sehat. Sampai ketemu di postingan mas dhany selanjutnya...

0 Response to "Cara Merawat Kelinci Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel